Hindari Kejahatan Catfishing dengan 4 Cara Ini!

Catfishing merupakan salah satu bentuk tindak kejahatan dalam penggunaan sosial media. Kasus ini identik dengan seseorang yang menciptakan identitas palsu di internet kerapnya pada jaringan sosial media untuk tujuan menipu atau hal negatif lainnya. Ketahui 4 cara ini dapat membantu Anda terhindar dari kejahatan catfishing.

1. Periksa Halaman Media Sosial

Pada umumnya halaman media sosial seseorang berisikan mengenai aktivitas kesehariannya. untuk menghindari kejahatan catfishing Anda perlu memeriksa halaman media sosial orang lain secara detail. Hal tersebut perlu dicurigai karena di zaman ini kebanyakan orang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media komunikasi untuk tujuan tertentu.

Jika ditemui bahwa aktivitasnya tidak terlalu sering atau sudah lama tidak diperbarui, sebaiknya Anda mulai untuk menjauhi orang tersebut. Jangan mudah terpengaruh dengan tawaran tertentu dari orang lain di sosial media. Pastikan Anda memanfaatkan media sosial dengan tepat.

2. Verifikasi Foto Profil

Foto profil merupakan bagian utama seseorang mengenali orang lainnya dalam situs jejaring sosial. Anda perlu mencurigai apabila sebuah akun hanya memiliki satu foto profil saja. Sebaiknya cek keaslian foto profil orang yang berkaitan.

Kini Google menyediakan layanan pencarian foto yang bisa Anda manfaatkan dalam situasi semacam ini. Apabila hal mencurigakan ditemukan sebaiknya segera hentikan proses komunikasi Anda dengan orang yang bersangkutan.

3. Hindari Informasi yang Bersifat Personal

Berkenalan dengan orang baru di media sosial hendaknya Anda harus lebih berhati-hati. Niat buruk orang lain yang belum Anda ketahui dapat membahayakan diri Anda. Informasi mengenai pekerjaan, alamat rumah, dan nomor telepon sebaiknya tak Anda beritahukan secara langsung kepada orang yang baru Anda kenal.

4. Laporkan

Sebagai tindak lanjut apabila Anda sudah menemukan hal yang mencurigakan dan merugikan dari orang yang diketahui melakukan catfishing sebaiknya segera laporkan kasus tersebut kepada pihak yang berwenang.

Pelaku kejahatan semacam ini wajib memperoleh tindakan disiplin dan hukum agar tak terulang kembali. Jangan lupa sertakan bukti atas kejadian tersebut pada laporan Anda. Dengan menunjukkan bukti yang valid pihak yang berwajib akan segera memproses kasus Anda.

Berhati-hati sangat diperlukan untuk Anda saat berkenalan dengan orang asing apalagi melalui dunia maya. Kewaspadaan ini dapat membantu Anda terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kejahatan catfishing. Semoga 4 cara ini dapat membantu Anda terhindar dari tindak kejahatan dalam sosial media.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy