Masker Lebih Baik Dibandingkan Face Shield, Benarkah?

masker-lebih-baik-dibandingkan-face-shield-benarkah

Sejak ditetapkannya status waspada terhadap virus Covid-19, Indonesia terus mengupayakan berbagai teknologi untuk membantu pemeriksaan dan pencegahan virus ini. Berbagai lomba, diskusi dan usaha lainnya dilakukan pemerintah untuk memunculkan beragam ide pencegahan Covid-19. Inovasi masker dari masyarakat yang jual masker kain meningkatkan sedikit banyak mempengaruhi kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker.

Selain masker kain, face shield beragam jenis juga menjadi inovasi baru untuk membantu pencegahan penularan virus Covid-19. Face shield sering digunakan pembawa acara televisi untuk tetap menunjukkan wajah dan ekspresi saat menyapa pemirsa. Hampir sama dengan masker, face shield dinilai dapat mengurangi penularan virus dan bakteri.

Mana yang Lebih Baik?

Munculnya inovasi tersebut memunculkan pertanyaan “manakah yang lebih efektif untuk digunakan?.” Untuk menentukan jawabannya, silahkan simak terlebih dahulu ulasan di bawah ini.

1. Cara kerja

Masker adalah alat penutup mulut dan hidung berbentuk sedemikian rupa dan terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai tingkat filtrasi yang baik. Sedangkan face shield adalah alat penutup wajah, mulai dari mata hingga dagu yang dibuat dari mika plastik dan karet yang dipasangkan di kepala.

Keduanya difungsikan untuk menghindari penularan virus Covid-19. Namun cara kerja masing-masing berbeda. Masker akan mencegah partikel halus dan droplet masuk hidung dan mulut. Fungsi tersebut dikerjakan oleh kain yang menjadi dasar pembuatan masker. Sedangkan face shield berfungsi melindungi mata dan bagian wajah lainnya termasuk pipi dari tetesan yang kemungkinan mengandung virus.

2. Kelebihan

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Orang yang jual masker kain kadang memberikan penjelasan terkait dengan kelebihan keduanya untuk menjajakan dagangannya. Masker lebih unggul dalam hal filtrasi debu dan partikel kotoran. Sebab masker menggunakan kain yang secara langsung menutupi hidung dan mulut kita tanpa memberikan celah. Oksigen masuk melalui ruang diantara benang pada kain masker.

Sedangkan face shield mempunyai keunggulan berupa area perlindungannya. Sebab face shield dapat melindungi mulai dari dahi hingga dagu. Berbeda dengan masker yang hanya bisa menutupi hidung dan mulut.

3. Kekurangan

Masker memang memiliki filtrasi yang lebih baik dibandingkan dengan face shield. Namun, masker belum mampu melindungi dari penularan secara aerosol dan airbone. Selain itu, kain pada masker bisa menjadi sarang kotoran hasil filtrasi. Sedangkan face shield meskipun memberikan celah lebih besar untuk bernapas namun buruk dapat filtrasinya. Sebab face shield tidak bisa melakukan fungsi filtrasi dengan mika plastik tersebut.

Selain itu, face shield juga susah untuk dibuat sendiri di rumah. Berbeda dengan masker yang dapat dengan mudah dibuat bahkan Anda bisa jual masker kain buatan Anda. Jadi lebih baik gunakan masker untuk beraktivitas di luar rumah.

Entah memutuskan untuk menggunakan masker atau face shield, pastikan Anda selalu berupaya menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy